Tips belajar efektif mancay

hallo. selamat pagi. Pasti masih pada tidur wgwgwgwg. langsung aja deh, kali ini, chaik mau ngepost 'Tips belajar efektif mancay'. gimana sih cara belajar yang gak ribet-ribet amat, gak bikin pusing, dan tentunya gak bikin mood nurun (?) Yuk langsung simak baik-baik ya.

Apasih belajar menurut kamu? Pasti kebanyakan pada bilang :
"belajar itu menghapalkan"  "belajar itu ngebosenin"  "belajar itu bikin ngantuk"  "padahal udah belajar, nilai ulangan masih aja segitu-segitu, mending gausah belajar"  dll.
IYAKAN???? :P hahaha. Pernyataan yang ada Diatas itu salah gan/sist :). Terus belajar itu apa??.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Kalau belum menunjukkan perubahan yaaa belum dianggap belajar.
Gimana sih cara belajar yang efektif serta mancay??. Yash ini dia tips-tips belajar yang efektif  :

1. Belajar bukan sekedar menghafal, tetapi juga memahami.
 Belajar itu gak mantap kalo gak dibarengi dengan memahami. masa iya cuma menghafal doang?. Kenapa gak mantap? karena, percuma saja kita belajar kalau cuma menghafal dan tidak dipahami maknanya? hafal iya ngerti enggak. Biasanya nih yaa.. kalau teknik belajar kamu cuma 'menghafal', pasti gak akan tahan lama di otak. Percaya deh. tapi lain lagi kalau dibarengi dengan memahami, bakal nyangkut diotak terus deh inshaallah :D

2. Membaca itu kunci belajar
Kamu harus rajin membaca. terus terus membaca, kamu pasti bakal cepat pintar. man jadda wa jadda!
3. Merangkum pokok-pokok yang sudah kamu pelajari
Mengapa demikian? karena kalau kamu gak ngerangkum pokok" yang sudah kamu pelajarikamu pasti bakal pusing dan enggan untuk membaca kembali. Kenapa? karena bacaan yang ada dibuku itu mungkin saja terlalu banyak. Jadi yaa gitu, jadi males baca lagi kan akhirnya.

4. Hafalkan kata-kata kunci.
Ngafalin kata kunci itu penting banget guys. Contohnya kamu ngafalin kata kunci 'mejikuhibiniu' yang kepanjangan dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Nah pokoknya begitulah :D

5. Pilihlah waktu untuk belajar
Pilih waktu yang tepat buat kamu nyaman. misalkan pas hari libur pagi-pagi, hari biasa abis maghrib sampai isha. Ya terserah kamu lah kapan waktunya, yang penting kamunya nyaman aja. Kenapa harus nyaman? biar kamu belajarnya gak bosen dan gak kayak ga niat belajar.


6. Coba buka suasana belajar yang nyaman.
Yhak coba deh mulai sekarang buka suasana belajar yang nyaman menurut kamu. Gimana caranya? contohnya ya... kayak yang nomor 5 ituu... cara lainnya mungkin belajar sambil dengerin musik atau ditempat yang sunyi, pake ac, pake kipas. yaaa up to you aja dah sist gan :D

7. kembangkan materi yang sudah kamu pelajari.
Apa sih ini maksudnya?. maksudnya adalah kamu harus mantapin lagi tuh apa yang kamu pelajari disekolah tadi. misalnya, disekolah belajar IPA tentang materi iniitu. Nah kamu harus mantepin lagi biar kamu menguasai materi tsb.

8. Sediakan waktu untuk istirahat.
Kamu juga harus menyempatkan diri kamu untuk istirahat JANGAN BELAJAR TERUS. otak kamu nanti pusing deh wgwgwgwg =D

9. Jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari.
Kamu sudah mengerti dengan apa yang kamu pelajari, nah kamu harus menjelaskan apa yang kamu pelajati tsb dengan kata-kata kamu sendiri tanpa melihat buku. Dijamin deh gak akan lupa :)

Nah begitulah tips belajar efektif mancay. Dicoba ya dirumah!!! gak berbahaya kok :D
Okay sekian yaa... Semoga postingan ini bermanfaat. bhai ;)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panel hack IG

Berbagi link aplikasi.