Macam-macam manusia di dalam sholat.

Holla gengsss! Yeay diriku kembali wahaha. Btw, happy new year ya! Maaf banget banget banget chaik akhir-akhir ini jarang bgt post huhu. Okay.. kali ini chaik akan membahas tentang macam-macam manusia didalam sholat. Kira-kira sholatmu termasuk yang mana ya.. 

Ibnul Qoyyim menyebutkan:
Bahwa manusia di dalam sholat terbagi menjadi 5 macam” .

1. Manusia yang disiksa / mu'aaqobun

Allah menyiksanya karena sholatnya.
Yaitu orang yang tidak sungguh-sungguh, tidak berwudhu dengan baik, tidak melaksanakan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban dan syarat-syarat sholat. bahkan sejak awal dia melakukan sholat hingga selesai sholat. dia tidak tahu apa yang telah dia baca didalam sholatnya. 

2. Manusia yang dihisab / muhaasabun.
Yaitu manusia yang sholat dengan menunaikan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban dan syarat-syarat sholat.
Akan tetapi sejak awal mulai sholat hingga selesai, dia sama sekali tidak sadar dengan apa yang telah dia ucapkan. Dia biarkan pikirannya sibuk memikirkan dunia, sampai dia mengucapkan salam. bahkan dia sangat ingin agar sholatnya cepat berakhir agar dia dapat segera menyelesaikan kebutuhannya.

3. Manusia yang diampuni / mukaffarun.
Yaitu manusia yang mengerjakan sholat sesuai dengan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban serta syarat-syarat sholat. Namun sejak memulai sholat hingga selesai, terus menerus dia berusaha melawan hawa nafsunya dan syaithonnya agar hatinya tidak berpaling, hal inilah yang membuat Allah mengampuni dosa-dosanya.

4. Manusia yang diberi pahala / mutsaabun.
Yaitu manusia yang mengerjakan sholat lengkap dengan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban dan syarat-syarat sholat serta sunnah-sunnahnya disertai dengan khusyu’.
Maka Allah akan memberi pahala untuknya karena sholatnya.

5. Manusia yang didekatkan / muqorrobun.
Ini adalah tingkatan tertinggi. yaitu manusia yang sholat sesuai dengan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban, syarat-syarat serta sunnah-sunnah sholat dan khusyu’ ketika melakukannya juga dia merasakan bahwa Allah ada di kiblatnya dan mengawasinya.

Sc; love islam

Hayooo, sholat kalian termaksud yang mana nih? Hehe. Okay sekian dari chaik semoga bermanfaat. Terimakasih :D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panel hack IG

Berbagi link aplikasi.